murihe oishiba

Aikido dilahirkan di periode Iwama, baik scr nama maupun teknik, nama “Aikido” diusulkan beberapa pengurus Aikido Hombu, salah satunya Hirai Minoru. Kelahiran beladiri Aikido ini memang berdiri sendiri dan ekslusif sifatnya. Artinya tidak merupakan pecahan/anak/cabang suatu beladiri karena secara filosofi, sudut, eksekusi dan metode teknik pelatihan berbeda dengan beladiri yang exist di Jepang kala itu.

Teknik-teknik aikido merupakan metaforfosis dari beladiri Daito Ryu AikiJujutsu, tapi secara eksekusi amat sangat berbeda dan bertolak belakang prinsipnya !!! Yang ngomong ini bukan saya tapi head instructor Iwama juku yaitu Morihiro Saito 9th Dan.

Jadi jika sekarang ada Sensei atau instruktur yang melakukan teknik, harapannya murid2 bisa membedakan mana yang aikido maupun aikijujutsu, kalau belum bisa silahkan tanya Sensei yang bersangkutan,
apakah tekniknya berasal dari Aikijujutsu atau Aikido?

O Sensei sendiri berguru secara langsung pertama kali ketika bertemu S Takeda di sebuah penginapan, kemudian memperdalam lagi ketika mengundang gurunya ke Ayabe, dan akhirnya mendapatkan license instructor. Tapi jangan anggap kalau O Sensei menguasai misteri Aiki seluruhnya, O Sensei memperoleh pencerahan sendiri tentang makna Aiki dan kemudian mengembangkan nya sesuai dengan spiritual enlightment yang di perolehnya.

Setelah periode itu otomatis seluruh hidupnya diabdikan ke beladiri aikijujutsu ini, bahkan terakhir mengajar di Osaka, di koran Asahi, sebagai instruktur Aikijujutsu.

Informasi di atas diperoleh dari buku referensi, karangan John Steven, Oscar Ratti, K., Aiki News Video, Ueshiba, Historian Aikido Journal, excerpt dari murid2 O Sensei : Tohei Sensei, Shirata R, Morihiro S, dll.

Bela diri Daito Ryu Aikijujutsu sendiri berasal dari beladiri Oshikiuchi dan Ono Ha Itto Ryu, beladiri Oshikiuchi sendiri berkembang menjadi beberapa aliran. Daito Ryu Jujutsu berkembang secara bebas menurut kreasi pendirinya yaitu S. Takeda, dan mencapai puncaknya ketika teknik ini menjadi Daito Ryu Aikijujutsu.

Sedangkan Oshikiuchi merupakan beladiri rahasia di kalangan Aizu Clan dan Takeda Clan. Praktisi senior dan jujutsu aliran ini sudah mengenal sejarah ini berikut simbol-simbol rahasia (Mon/Crest) dan prinsip-prinsip yang terdapat di scroll tiap-tiap aliran.

Sekedar informasi, dalam periode perang saudara di Jepang (SHOGUNATE), masing2 keluarga/marga memegang suatu keahlian tertentu dan dibagi berdasarkan divisi-divisi  sesuai persenjataan dan teknik beladiri yang dikuasai. Masing keluarga memiliki satu simbol, yang mewakili beladiri dan teknik bertempurnya, masing-masing Ryu-Ha di Jepang mewakili satu keluarga tertentu.

Untuk So Doshin (pendiri Shorinji Kempo) tercatat pernah belajar aikijujutsu aliran Hakko Ryu, sepertinya memiliki hubungan juga dengan O’Sensei, bahkan di video ketika O Sensei mengajar di Asahi newspaper, ada So Doshin yang hadir walaupun tidak ikut berlatih.

Dari data sejarah-sejarah yang ada tidak menunjukkan adanya kaitan antara beladiri Daito Ryu dan beladiri dari Cina dan sebaliknya. Karena filosofi dan makna simbol-simbol yang terkandung di beladiri tersebut sangat ancient sifatnya dan dapat dilacak mundur hingga ke zaman Prince Yoshimitsu.